Jumat, 03 Desember 2010

AlGoritma Dan Penjelasannya

UTS oleh  tugas ngae BloG ikiw,,Req,,  BloG eh ikuw ,,isine tentang,, Mata Kuliah ,,TEkPro,,alias Teknik peMroGraman,,,

Yo masio Aku ra pati paham,,, Tapi Yo est Kuwajiban Kudu di laksanakNo,,, Agar Supaya,,,Oleh Nilai,,,yo gag mungkir,, yo ikuew kan tujuane,,

heheheheh mbukak aib,,
Tapi to ora ikuw thok Dolor,,, Yo cek paham Karo Opo seh MAteRi TekNik PEmrogRaman Ikuw,,,

wes ,,GAg usa Panjang Lebar,,
      Dalam Pembuatan ProgrAm,,,Ada beberapa LAngklah YAng harus Di perHAtikan YAitu:
  • Mendefinisikan Masalah/Defining the problem *AlgorItma
  • Perencanaan/Planning/Desain sistem* Flow chart
  • Implementasi/Koding/Programming* ,
  • Dokumentasi/Documentation
  • Testing
  • Operasional dan Maintenance     

Ikilow dolor PengerTiane AlgOritMa,,

Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algorithmi de numero Indorum". Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari India, seperti tertulis pada judul di atas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Lha terus opo pengertiane,,,??

Menurut temen gue (dengan gaya selonnya),
Algoritma adalah suatu seni dimana kita memecahkan suatu masalah atau pekerjaan.
Sedangkan menurut buku pegangan gue  dan dosen gue
Algoritma adalah alur pikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, yang dituangkan dalam bentuk tertulis baik berupa tulisan (Pseudo-Code) ataupun gambar (FlowChart) yang dapat dimengerti orang lain.

Terus opok Oh kok Di sebut Seni ?

Karena Algoritma adalah cara berpikir manusia yang pastinya tak sama, dan dari satu masalah yang sama, bisa saja tercipta Algoritma2 yang berbeda.
Mungkin akan ada yang menyelesaikan masalah itu dalam 4 langkah, sedangkan orang lain dapat menyelesaikannya dalam 3 langkah, atau malah ada yang bisa dengan 2 langkah saja. Dan perbedaan itulah yang menjadikan Algoritma sebuah seni dalam berpikir.

COntOHnE…?

Begini, misalnya kita punya 2 buah gelas yang kita sebut dengan gelas A dan gelas B. Gelas A berisi air merah, sedangkan gelas B berisi air biru. Bagaimana cara kita untuk menukar kedua isi gelas tersebut, sehingga gelas A menjadi berisi air biru dan gelas B berisi air merah?
Jawaban 1:
Tuang air dari gelas A ke gelas B, dan setelah itu tuang air dari gelas B ke gelas A, sehingga gelas A berisi air biru dan gelas B berisi air Merah.
Jawaban ini salah dan tidak logis, karna air merah dan biru akan menyatu dan berubah warna menjadi ungu, jadi tidak akan mungkin gelas A akan berisi air biru dan gelas B akan berisi air merah. Maka Algoritma dari jawaban ini tidak benar.
Jawaban 2:
Gunakan bantuan gelas lain, yang disebut gelas C. Tuang air merah dari gelas A ke gelas C, lalu tuang air biru dari gelas B ke gelas A. Kemudian tuang air merah dari gelas C ke gelas B, sehingga gelas A sekarang berisi air biru dan gelas B berisi air merah.
Algoritma dari jawaban ini benar dan sangatlah logis.
Jawaban 3:
Gunakan bantuan 2 buah gelas lain, yang disebut gelas C dan gelas D. Kemudian tuang air merah dari gelas A ke gelas C, dan tuang air biru dari gelas B ke gelas D. Lalu tuang air merah dari gelas C ke gelas B, dan tuang air biru dari gelas D ke gelas A. Sehingga gelas A sekarang berisi air biru dan gelas B berisi air merah.
Lalu bagaimana dengan jawaban di atas, apakah Algoritma di atas salah? Tidak, Algoritma di atas adalah benar karna langkah2nya tersusun dengan logis dan masalah dapat terpecahkan dengan benar. Hanya saja Algoritma tersebut tidak efektif.

NAh ikuw mau sedikit TentanG Opo Ce AlgOriTma Ikuw,,,
karo tak weNEi weroh ConToHne,,,..

LAk MAu Mbahas Tentang AlGoritMA saiki MAsalah Flow Chart

Opo se flow Chart Ikuw,,,,
                   Flowchart adalah suatu diagram menggunakan simbol-simbol   khusus yang sudah menjadi standard internasional yang berisi langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. sedangkan algoritma bukan merupakan simbol tapi keterangan-keterangan yang sesuai dengan  keinginan kita, tidak ada standarnya. Oleh karena itu flowchart biasa juga disebut sebagai algoritma dalam bentuk simbol-simbol khusus yang dihubungkan dengan anak panah.

IkiLoh SimBol~ sImbole Flow Chart 


 

 

5 komentar:

  1. lanjudkan sam,,,,

    semoga sukses ujiannya,,,TRiara Crew,,,

    BalasHapus
  2. wah..bloq nomer piro ikiw sam,,,,

    ternak lowo yow,,,,hahahahha

    BalasHapus